Asesor AIPT Kunjungi Perpustakaan USU

LIBRARY.USU.AC.ID, MEDAN – Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini tengah menjalani proses penilaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 19 – 20 Februari 2018. Adapun acara ini diadakan di ruang IMT-GT Gedung Biro Pusat Akademik USU, yang secara resmi kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor USU, Prof. Dr. Runtung, SH., M.Hum., Senin (19/2).

Adapun tim asesor yang melakukan visitasi yakni, Prof. Dr. Marwan Asri, MBA., (UGM), Prof. Dr. Ir. Mohammad Nasikin, M.Eng., (UI), Prof. Dr. Elly Wahyudin, M.Sc., (UNHAS), Prof. Dr. Ir. Benhard Sitohang, (ITB), Prof. Dr. Ir. Tineke Mandang, MS., (IPB), Dr. Ngadiso, M.Pd., (UMS), dan Prof. Achmad Jainuri, MA., Ph.D., (UINSA).

Salah satu agenda para asesor tersebut adalah mengunjungi fakultas-fakultas maupun unit-unit yang ada di kampus USU guna melakukan penilaian.

Perpustakaan USU termasuk salah satu unit yang dikunjungi para asesor yang dalam hal ini diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Tineke Mandang, MS. Beliau didampingi oleh Kepala Perpustakaan Dr. Jonner Hasugian, M.Si., serta Wakil Kepala Perpustakaan yakni Drs. Syakirin Pangaribuan SH.

Dalam pemaparannya, Kepala Perpustakaan memberikan penjelasan tentang berbagai fitur-fitur yang ada pada perpustakaan USU dalam menjalankan kegiatan pelayanan terhadap civitas akademika, antara lain Peminjaman dan Pengembalian Mandiri, dimana alat ini mampu melakukan kegiatan peminjaman dan pengembalian buku tanpa memerlukan operator, sehingga pelayanan ini bisa dilakukan selama 24 jam, khususnya Pengembalian Mandiri.

Fitur lainnya adalah Perpustakaan USU telah memiliki Aplikasi Pendeteksi Plagiat yaitu Turnitin, Ruang Literasi yang dilengkapi Komputer terbaru serta Layanan Digital untuk dosen dan Mahasiswa.

Kunjungan ini berlangsung lebih kurang selama satu jam yang berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Selanjutnya Ibu Tineke Mandang melanjutkan kunjungannya ke Fakultas Teknik khususnya prodi Teknik Sipil.