Perpustakaan USU Memiliki Aplikasi Scan Plagiarisme Turnitin

LIBRARY.USU.AC.ID, MEDAN – Perpustakaan Universitas Sumatera Utara kini telah memiliki suatu aplikasi scan plagiarisme yaitu Turnitin. Aplikasi Turnitin yang berbasis website ini direkomendasikan oleh Dikti, karena aplikasi ini memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi sehingga manfaatnya sangat baik bagi peningkatan kualitas Karya Ilmiah institusi pendidikan.

Keberadaan aplikasi ini berawal dari maraknya plagiarisme atau penjiplakan karya ilmiah pada institusi pendidikan. Penjiplakan suatu karya ilmiah memiliki dampak yang serius. Salah satunya adalah terhambatnya kualitas sumber daya manusia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi, menyatakan bahwa Plagiarisme atau sering disebut Plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan dan pendapat sendiri. Oleh sebab itu, seorang pelaku plagiat dapat dianggap sebagai pelaku tindak pidana karena dianggap mencuri hak cipta orang lain dan melanggar undang-undang tentang hak cipta.

Para sivitas akademika USU terutama dosen dapat memanfaatkan aplikasi turnitin ini di lantai satu Gedung Perpustakaan USU di ruang Layanan Referensi dan Literasi Informasi. Operator yang bertugas siap membantu anda dalam memanfaatkan aplikasi tersebut.