Tendik Perpustakaan USU Raih Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Kemenristek-Dikti 2018

LIBRARY.USU.AC.ID, MEDAN – Tenaga Kependidikan (Tendik) Perpustakaan USU, Juli Handayani meraih penghargaan Pustakawan Berprestasi Tingkat Nasional Kemenristek-Dikti 2018, diterima Rektor USU Prof Runtung Sitepu SH MHum di ruang kerjanya, Kamis (01/11). Rektor USU menyampaikan selamat kepada Kepala Perpustakaan Pusat USU dan Stafnya yang telah mengharumkan nama Universitas serta kepada seluruh keluarga besar Perpustakaan USU atas prestasi yang tak luput dari kerjasama tim yang baik ini. Rektor juga berharap, akan lahir prestasi-prestasi dari segenap potensi yang dimiliki oleh USU yang sebetulnya masih banyak belum dimaksimalkan, tambahnya.

Dr. Jonner Hasugian MSi selaku Kepala Perpustakaan USU menyatakan bahwa, Perpustakaan USU telah melakukan persiapan satu tahun sebelum kompetisi ini berlangsung dimana persiapan terhadap karya unggulan yang dipresentasikan oleh Juli Handayani yaitu tuttorial online untuk pengguna perpustakaan melalui aplikasi pathfinder berbasis Teknologi Informasi ini bertujuan untuk memudahkan pengguna koleksi Perpustakaan dalam melakukan penelusuran koleksi.

Dilansir dari Laman resmi Kemenristek Dikti https://www.ristekdikti.go.id, Acara tahunan ini merupakan yang ke-15 kali diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para dosen dan tenaga kependidikan yang telah berdedikasi melaksanakan Tri Darma pendidikan tinggi. Malam Anugerah Diktendik Berprestasi tahun 2018 juga dihadiri langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti), Mohamad Nasir. Menristek-Dikti mengungkapkan, keberadaan dosen dan tenaga kependidikan sangat mempengaruhi mutu sebuah perguruan tinggi. Untuk itu, saat ini Kemenristekdikti sedang mendorong peningkatan kualifikasi pendidikan, baik bagi para dosen maupun tenaga kependidikan.Menristek-Dikti juga mengapresiasi perjuangan para peserta serta mendorong publikasi internasional terhadap karya-karya yang telah diikutsertakan juga mengingatkan perlunya mengikuti perkembangan teknologi di pendidikan era revolusi industri 4.0 saat ini.

Dalam rangka pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan prestasinya, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti menyelenggarakan pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 yang terdiri dari delapan kategori, yaitu ; (1) academic leader, (2) dosen berprestasi bidang sains dan teknologi, (3) dosen berprestasi bidang sosial humaniora, (4) pranata laboratorium pendidikan berprestasi, (5) pustakawan berprestasi, (6) pengelola keuangan berprestasi, (7) tenaga administrasi akademik berprestasi, dan (8) arsiparis berprestasi.

Jumlah peserta yang mendaftar pada tahun ini mencapai 265 orang dimana dari jumlah tersebut telah diseleksi menjadi 66 orang finalis, selama dua hari menjalani penilaian, para dewan juri kemudian memilih juara pertama, kedua, dan ketiga.

Pada saat acara Malam Anugerah Diktendik Berprestasi tahun 2018 ini turut dihadiri  Wakil Rektor II USU, Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar,MKed(OG) SpOG(K) didampingi oleh Dr Drs Jonner Hasugian Msi. Prestasi ini sebelumnya juga diraih oleh Staf Perpustakaan Pusat USU yaitu Sundari Ssos pada tahun 2017 dengan meraih Juara 1 di kategori yang sama.