Kunjungan Direktur Deposit Bahan Pustaka Perpusnas ke Perpustakaan USU

LIBRARY.USU.AC.ID, MEDAN – Direktur Deposit Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional Dra. Lucya Dhamayanti, M.Hum., mengunjungi Perpustakaan Universitas Sumatera Utara didampingi oleh Dra. Titiek Kismiyati, M.Hum., (8 Februari 2019).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan USU Dr. Jonner Hasugian, M.Si., didampingi para staffnya antara lain Kasubbag Tata Usaha Rasiman, S.Sos., dan Kabid Dukungan Teknologi Informasi Murniaty, S.Sos.

Kepala Perpustakaan kemudian menjamu tamu-tamunya di ruang pimpinan dan dalam kesempatan ini Ibu Lucya menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk mensosialisasikan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat khususnya para pelaku industri karya cetak maupun karya rekam tentang latar belakang lahirnya undang-undang ini. Hal ini tercantum di dalam pembukaan undang-undang yang dimaksud yang pada salah satu poin menyatakan bahwa  karya cetak dan karya rekam yang merupakan hasil budaya bangsa memiliki peran penting sebagai salah satu tolok ukur kemajuan intelektual bangsa, referensi dalam bidang pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penelitian dan penyebaran informasi, dan pelestarian kebudayaan nasional, serta merupakan alat telusur terhadap catatan sejarah, jejak perubahan, dan perkembangan bangsa untuk pembangunan dan kepentingan nasional.

Selain itu Direktur Deposit Bahan Pustaka juga turut mensosialisasikan penyelenggaraan layanan ISBN, ISMN, KDT dan Barcode oleh Perpusnas yang baru diterbitkan pada tanggal 16 Agustus 2018 lalu.

Pertemuan tersebut berlangsung sekitar satu jam yang berakhir pada pukul 11.00 WIB. Sebelum berpisah Dra. Lucya Dhamayanti, M.Hum., selaku Direktur Deposit Bahan Pustaka Perpusnas menyerahkan tiga buah buku sebanyak tiga eksemplar, antara lain berjudul Pedoman Penyelenggaraan Layanan ISBN, ISMN, KDT, Dan Barcode Perpustakaan Nasional RI, kemudian buku berikutnya berjudul Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Pemberian Internasional Standard Book Number, dan yang terakhir adalah berjudul Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Serah Simpan Karya Cetak Dan Karya Rekam.

Kepala Perpustakaan USU juga memberikan cinderamata kepada para tamunya berupa plakat yang disaksikan oleh Dra. Titiek Kismiyati, M.Hum., yang merupakan Pustakawan Utama Perpusnas. Diakhir pertemuan Dr. Jonner Hasugian, M.Si., mengajak koleganya berkeliling atau biasa disebut Library Tour sambil berdiskusi tentang Layanan Perpustakaan kepada para Pemustakanya khususnya layanan untuk Perpustakaan Universitas.

 

 

Galeri Photo