06/06/2018

Sejarah Ringkas

Sejarah Perpustakaan dimulai dengan berdirinya Universitas Sumatera Utara (USU) pada 20 Agustus 1952. Perpustakaan pertama yang didirikan di lingkungan USU adalah Perpustakaan Fakultas Kedokteran (1952) dan kemudian disusul oleh Perpustakaan Fakultas Hukum (1954). Ketika itu USU masih bernaung di bawah Yayasan Universitas Sumatera Utara, yang kemudian diresmikan menjadi perguruan tinggi negeri ketujuh di Indonesia pada 20 Nopember 1957.

Pada tahun 1970 berdiri Perpustakaan Pusat disamping perpustakaan fakultas yang telah berdiri sebelumnya. Kemudian pada tahun 1987, seluruh perpustakaan di lingkungan USU bergabung dan pindah ke gedung baru seluas 6.090 m2 yang terletak di tengah-tengah kampus USU Padang Bulan. Pada saat USU berubah status menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN) pada 2005,  organisasi Perpustakaan digabungkan dengan Pusat Komputer yang diberi nama Perpustakaan dan Sistem Informasi. Selanjutnya, ketika USU berubah status menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dan sekarang ini berubah status lagi menjadi PTN-BH sesuai dengan PP No. 16 Tahun 2014, maka organisasi Perpustakaan tidak lagi digabungkan dengan Pusat Komputer dan nama organisasi Perpustakaan berubah kembali menjadi Perpustakaan Universitas.

Sejak tahun 2006, Perpustakaan telah membuka beberapa cabang yang berlokasi di  fakultas. Hingga tahun 2017  telah ada 13 (tiga belas) Perpustakaan Universitas Cabang Fakultas dan Cabang Rumah Sakit USU yang telah dibuka dengan menerapkan sistem pelayanan yang terintegrasi dengan Perpustakaan Universitas. Hal ini dimungkinkan dengan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang tersedia untuk mengembangkan sistem perpustakaan terintegrasi dengan lokasi titik pelayanan yang tersebar di dalam kampus. Pembukaan perpustakaan cabang selain bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada  pengguna juga untuk mengatasi keterbatasan kapasitas ruang perpustakaan universitas.

Pimpinan Perpustakaan USU dari masa ke masa

  1. Drs. A. Ridwan Siregar, SH., M.Lib (1991 – 2013)
  2. Dr. Jonner Hasugian, M.Si. (2015 – Sekarang)