Perpustakaan USU Lakukan Simulasi Audit Mutu Internal

LIBRARY.USU.AC.ID, MEDAN – Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan Simulasi Audit Mutu Internal didampingi Konsultan ISO 9001:2015 Riski Melati, S.Sos. Simulasi ini merupakan rangkaian akhir dari kegiatan Training Audit Mutu Internal Sertifikasi ISO 9001:205 yang dilakukan selama dua hari sejak tanggal 3 Februari 2020.

Pada simulasi kali ini, Murniaty, S.Sos., disimulasikan sebagai Lead Auditor yang didampingi Auditor lainnya yakni Syakirin Pangaribuan, Elisa Ekaningsih, Evi Yulfimar dan Sundari. Sedangkan bidang yang diaudit pada simulasi ini adalah Sub Bagian Tata Usaha dengan Bapak Rasiman sebagai Auditeenya.

Untuk mendapatkan situasi yang mirip dengan keadaan sebenarnya, peserta training sepakat kegiatan audit dilakukan di ruang yang sebenarnya. Hal ini akan bermanfaat nantinya agar peserta yang akan menjadi Auditor atau Auditee dapat memahami pelaksanaan Audit Mutu Internal dengan sebaik-baiknya.

Simulasi yang berlangsung di lantai dua Ruang Tata Usaha tersebut berlangsung sekitar satu jam yang dimulai pukul 14.00 WIB. Auditor dan Auditee dapat menjalankan perannya dengan cukup baik. Sekali-sekali Riski Melati selaku Konsultan memberikan masukan-masukan yang sangat mudah dipahami oleh peserta.

Tahapan-tahapan dalam Pelaksanaan Audit terdiri dari Opening Meeting (Rapat Pembukaan), Pelaksanaan Audit dan terakhir adalah Closing Meeting (Rapat Penutup). Pada Closing Meeting Auditor harus menyampaikan hasil audit kepada Auditee serta memberikan masukan-masukan yang bertujuan membantu Auditee dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Pada kesempatan yang sama, Auditee diharapkan dapat menentukan waktu implementasi dari tindakan korektif sesuai dengan hasil Audit Mutu Internal agar Manajemen Mutu yang dibangun tetap terarah dan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan organisasi.

 

Photo Gallery