Workshop Festival Literasi : Penelusuran Literatur dan Plagiarisme

LIBRARY.USU.AC.ID, MEDAN – Ikatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi atau biasa yang disingkat IMPUS untuk pertama kalinya mengadakan Festival Literasi dengan tema “Be Literate Save Our Future” yang berarti dengan berliterasi masa depan bisa terselamatkan. Acara yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 14 – 15 Maret 2019, secara keseluruhan berlangsung di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Definisi literasi sendiri adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, maka saat ini istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Bahkan sudah merambah pada praktik kultural yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik.

Salah satu kegiatan yang mengisi Festival Literasi tersebut adalah Workshop Festival Literasi dengan judul “Penelusuran Literatur dan Plagiarisme”, dengan pembicara para Pustakawan dari Perpustakaan USU yakni, Evi Yulfimar, S.Sos., dan Juli Handayani, S.Sos. Workshop yang diadakan pada hari pertama Festival tersebut berlangsung di lantai satu ruang Referensi Perpustakaan USU pada pukul 10.00 WIB.

Workshop dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU Dr. Budi Agustono, M.S. yang didampingi oleh Kepala Program Studi Strata Satu Ilmu Perpustakaan Ishak, S.S., M.Hum., serta Ketua Panitia Festival Literasi Nurul Askwana.

Dalam kata sambutannya, Budi Agustono berharap melalui workshop ini peserta yang lebih kurang berjumlah seratus orang dapat memahami definisi literasi yang sebenarnya serta dapat memanfaatkan aplikasi plagiarisme yang dimiliki oleh USU dalam menghasilkan suatu karya ilmiah yang bermutu.

Acara berlangsung selama dua jam tersebut cukup menarik. Para peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini bisa dilihat dari sesi tanya jawab dengan jumlah penanya yang cukup banyak.

 

Galeri Photo